Contact us

GeScripter.Blog@gmail.com

Learning Internet of Things

Rabu, 04 Desember 2019

Cara Menghitung Frekuensi Gelombang Listrik Pada Osiloskop


Ketika kita belajar sebuah ilmu elektronika apalagi yang berhubungan dengan Sinyal pasti mau tidak mau kita harus dihadapkan dengan sebuah alat bernama Osiloskop. Osiloskop adalah alat yang dapat mempresentasikan bentuk sinyal sehingga dari visualisasi sinyal tersebut kita dapat menghitung beberapa parameter sinyal, salah satu parameternya adalah Frekuensi. Frekuensi adalah ukuran jumlah gelombang per peristiwa dalam satuan detik dengan satuan Hertz (Hz). Dalam ilmu elektronika gelombang yang diukur adalah gelombang listrik. Frekuensi dilambangkan dengan huruf "f" dengan satuan nilai Hertz (Hz). 1 Hertz sama dengan gelombang listrik (1 siklus) dalam satu detik (1 Hertz = 1 Siklus Gelombang per Detik). Satuan Hertz diambil dari nama seorang fisikawan bernama Heinrich Rudolf Hertz sebagai orang yang berkontribusi dalam bidang elektromagnetis.

Satu siklus gelombang terdiri dari satu puncak atas dan satu puncak bawah sebelum gelombang kembali ke titik tengah. Berikut ini adalah cara menghitung 1 gelombang pada gambar osiloskop.

Perhitungan Frekuensi memiliki rumus sebagai berikut

Keterangan
F = Frekuensi
T = Time (s)

Dimana variabel T akan kita dapatkan dengan menghitung visualisasi sinyal pada osiloskop dengan rumus

Keterangan
T = Time (s)
Div = Jumlah Kotak dalam 1 siklus gelombang
Scale = Skala yang digunakan pada Osiloskop (Time/Div)

Rumus diatas adalah rumus yang dapat digunakan untuk menghitung frekuensi gelombang sinyal listrik yang tervisualisasi pada layar Osiloskop. Beriku ini adalah contoh perhitungan frekuensi menggunakan rumus diatas.

Perhatikan satu siklus gelombang yang ada didalam kotak biru dan skala Osiloskop pada kotak merah. Jika kita hitung kotak kecil diantara titik A dan titik B terdapat 5 kotak kecil dan skala Osiloskop yang digunakan sebesar 1ms/Div. Disini kita sudah mendapat dua variabel penting yaitu

Div = 5 kotak
Scale = 1ms/Div = 0,001s/Div (Konversi satuan waktu kedalam satuan Miliseconds ke Seconds)

Perhitungan Time (T)



Perhitungan Frekuensi (F)

Jadi, sudah kita dapatkan nilai frekuensi gelombang yang tervisualisasi yaitu sebesar 200 Hertz. Artinya sinyal tersebut dapat menghasilkan 200 siklus gelombang listrik selama 1 detik. Sekian artikel kali ini semoga bermaanfaat.


Keyword :

Tidak ada komentar:
Write komentar
Hay, jika kamu terbantu dengan materi dan tutorial dari kami, yuk Follow kami - https://twitter.com/gegeembrie
Subcribe Newsletter