Contact us

GeScripter.Blog@gmail.com

Learning Internet of Things

Kamis, 26 Maret 2020

Cara Menghubungkan Perangkat Blynk ke Local Server


Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagimana Cara Menggunakan Custom atau Local Server Aplikasi Blynk. Namun supaya aplikasi Blynk pada smartphone dapat terhubung dengan Perangkat, juga diperlukan penyesuaian khusus pada program yang diupload ke perangkat. Perangkat juga perlu dihubungkan ke Custom Server atau Local Server dengan mengubah Host Address dan Port sesuai dengan Server yang akan digunakan. Kali ini kita akan membahas hal tersebut tapi perlu kalian ketahui bahwa saya akan menggunakan contoh program yang sudah ada di blog ini sebelumnya yang bisa kalian lihat dan pelajarai pada artikel yang berjudul IoT Sederhana dengan Blynk (DHT11 dan Kontrol Relay).

Pada artikel saya sebelumnya saya tidak menggunakan Custom atau Local Server tetapi saya menggunakan server gratis yang diberikan oleh Blynk dengan jumlah Energy 2000 saja. Namun disini kita akan belajar bagaimana cara mengubah program tersebut untuk dapat terhubung dengan Custom atau Local Server yang telah kita siapkan. Berikut ini adalah program awal sebelum yang terhubung ke server gratis milik Blynk.



Coba perhatikan baris Nomor 63 yang berisi


Baca juga :
Cara Menggunakan Custom Server Aplikasi Blynk
Cara Membuat Blynk Local Server Mudah di Windows
IoT Sederhana dengan Blynk (DHT11 dan Kontrol Relay)

Baris ini berfungsi sebagai identifikasi perangkat dan jaringan wifi yang akan digunakan. Jika kita ingin menghubungkan perangkat ke Custom atau Local server telah kita siapkan baris ini bisa diganti dengan


Pada contoh diatas saya menggunakan baris perintah sesuai dengan petunjuk pada Example Blynk yang bisa kalian lihat langsung pada di Blynk Example Browser. Host Address dan Port yang saya contohkan saya dapatkan dari artikel Kumpulan Custom Server Gratis untuk Aplikasi Blynk.
Hasil akhir program yang telah dimodifikasi tersebut seperti dibawah ini.


Penggantian alamat server juga diikuti dengan token yang berbeda juga. Jika token pada program sebelumnya tidak diganti maka akan terjadi error Invalid Token. Tutorial ini hanya bisa digunakan pada perangkat Internet of Things yang didukung oleh aplikadi Blynk kecual Raspberry Pi dan Ubuntu. Perangkat Raspberry Pi dan Ubuntu memiliki penyesuaian yang sedikit berbeda.
Sekian tutorial kali ini semoga artikel ini memeberikan ilmu yang bermanfaat. Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan. Terima kasih.


Keyword
Contoh program Blynk yang menggunakan Local Server
Cara mengubah server Blynk pada Arduino ESP8266 atau ESP32 ke Local Server
Cara menghubungkan Arduino ESP8266 atau ESP32 ke Local Server
Cara menghubungkan Aplikasi Blynk dan Perangkat Internet of Things dengan Local Server
Cara mengatasi Invalid Token Blynk ketika menggunakan atau berpindah ke Local Server

Tidak ada komentar:
Write komentar
Hay, jika kamu terbantu dengan materi dan tutorial dari kami, yuk Follow kami - https://twitter.com/gegeembrie
Subcribe Newsletter