Contact us

GeScripter.Blog@gmail.com

Learning Internet of Things

Rabu, 25 Maret 2020

Cara Menggunakan Custom Server Aplikasi Blynk


Blynk dikenal sebagai aplikasi Internet of Things dengan tingkat kesulitan paling rendah. Aplikasi ini begitu sangat mudah digunakan bagi kalangan awam sekalipun. Mendukung banyak perangkat mulai dari Arduino, ESP8266, hingga RaspPi. Kemudahan dan fleksibilitas perangkat yang banyak ditawarkan itulah yang menjadi nilai lebih aplikasi Blynk.
Namun dibalik kelebihan pastilah ada kekurangan. Kekurangan paling aplikasi ini adalah diperlukannya poin atau disebut dengan Energy untuk menggunakan widget didalamnya yang memiliki harga Energy yang berbeda-beda. Pengguna hanya diberikan Energy sejumlah 2000 saja. Bagi pengguna yang baru saja ingin belajar tentang Internet of Things menggunakan Blynk Energy sejumlah 2000 ini sudah cukup untuk memulai belajar. Namun bagi pengguna aplikasi Blynk yang sudah bisa dikatakan Advanced tentu saja Energy sejumlah 2000 tersebut sangatlah kurang untuk menggunakan beberapa Widget unik yang memiliki harga lumayan tinggi.

Pengembang aplikasi Blynk ini sadar dengan kekurangan Aplikasi yang mereka kembangkan. Oleh karena itu pengembang memberi 2 pilihan solusi yaitu
  1. Pengguna dapat menambah jumlah Energy dengan membelinya sendiri via Aplikasi dan pembayaran bisa dilakukan melalui Playstore. Jumlah Energy yang ditawarkan juga beragam mulai dari 1.000 hingga 28.000 dengan harga mulai Rp.41.000 hingga Rp.280.000.
  2. Pengguna dapat membangun sebuah server pribadi. Pengembang Blynk telah menyediakan aplikasi untuk membangun server pribadi bagi pengguna. Pengguna hanya perlu mempersiapkan sebuah server yang telah terinstall aplikasi Java. Jika server telah memiliki aplikasi Java maka langkah terakhir hanya tinggal menjalankan aplikasi yang telah disediakan untuk membangun server oleh pengembang aplikasi Blynk.
Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghubungkan aplikasi Blynk dengan Server yang telah kita bangun tersebut. Disini saya anggap kalian telah memiliki server pribadi baik server secara Local maupun Global.

Tutorial untuk membangun server pribadi secara Local hanya dengan menggunakan Laptop bisa kalian lihat pada artikel Cara Membuat Blynk Local Server Mudah di Windows.

Kalian juga bisa menggunakan Server Global yang sudah saya bangun yang bisa kalian dapatkan pada artikel Kumpulan Custom Server untuk Aplikasi Blynk

Langkah-langkah
  1. Download Aplikadi Blynk jika belum punya atau Logout jika sudah login ke akun Blynk
  2. Pilih Create New Account
  3. Isi Email dan Password yang ingin digunakan
  4. Pilih gambar logo Change Server diatas tombol Sign Up
  5. Geser switch ke kanan untuk menggunakan Custom Server
  6. Isi Host Address dan Port sesuai dengan IP dan Port Server yang ingin dihubungkan.
    Custom Server Global bisa kalian temukan pada artikel Kumpulan Custom Server untuk Aplikasi Blynk
  7. Jika Host Address dan Port telah kalian isi, klik OK
  8. Bila dirasa semua sudah benar dan sesuai pilih Sign Up
  9. Aplikadi Blynk dengan Custom Server telah siap digunakan 
Meyakinkan apakah Aplikadi Blynk telah terhubung dengan Custom Server tujuan dapat dilihat dengan memilih gambar logo Info dipojok kanan atas. Bila pada bagian server berisi Local (Host_Address) maka aplikadi Blynk telag berhasil terhubung dengan Custom Server.


Sekian artikel tentang bagaimana cara menghubung Aplikasi Blynk dengan Custom Server. Semoga dapat menjadi solusi masalah kita. Terima kasih.

Keyword
Cara membuat Local Server Blynk sendiri atau pribadi dengan Laptop
Cara menggunakan Custom Local Server pada Aplikasi Blynk di Android atau iOS
Cara memasukkan Custom Server pada Aplikadi  Blynk
Cara membangun Server Pribadi dengan IP Publik untuk aplikasi Blynk
Kumpulan Custom Server aplikadi Blynk Unlimited Energy




Tidak ada komentar:
Write komentar
Hay, jika kamu terbantu dengan materi dan tutorial dari kami, yuk Follow kami - https://twitter.com/gegeembrie
Subcribe Newsletter