Contact us

GeScripter.Blog@gmail.com

Learning Internet of Things

Kamis, 17 September 2020

AutoScript SSH/VPN Debian dan Ubuntu

 


Pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah AutoScript mempersiapkan sebuah VPS Debian atau Centos untuk siap digunakan sebagai server SSH dan VPN. Fitur pada script ini bisa dibilang lumayan lengkap dengan adanya namun juga sebagai konsekuensinya membutuhkan spesifikasi minimal VPS memiliki RAM 1 GB dan total kapasitas HDD 10 GB.

Trial Premium Script
4 Hari / IP
Premium Script
Rp. 25.000 /IP /Bulan

Sistem Operasi Didukung

  • Debian 10 (Buster) 64Bit (x86_64) - (Direkomendasikan Pertama)
  • Debian 9 (Stretch) 64Bit (x86_64) - (Direkomendasikan Kedua )
  • Ubuntu 18.04 (Bionic Beaver) 64Bit (x86_64) - (Tidak lagi didukung)
  • Centos 7 64Bit (x86_64) - (Tidak lagi didukung)
  • Centos 8 64Bit (x86_64) - (Tidak lagi didukung)

Syarat dan Ketentuan

  1. Menggunakan OS sesuai dengan daftar yang didukung
  2. Virtualisasi KVM / XEN
  3. VPS memiliki setidaknya RAM 1 GB
  4. Kernel amd64
  5. Minimal HDD 10 GB
  6. VPS dalam keadaan fresh, belum terinstall aplikasi apapun

Daftar Aplikasi dan Port


Catatan
Port pada masing-masing aplikasi dapat diubah sesuai dengan keperluan pengguna VPS. Namun dengan syarat semua aplikasi tidak boleh memiliki port yang sama. Jika ada kesamaan port antara satu aplikasi dengan aplikasi lain maka akan menyebabkan salah satu dari aplikasi tersebut tidak akan dapat berjalan.

Daftar Fitur Pendukung


  1. Webmin adalah fitur yang digunakan untuk memanajamen VPS dengan model GUI berbasis Web. Cara mengakses webmin bisa dilakukan menggunakan browser dengan masuk ke alamat http://HOSTVPS:10000. (Ganti HOSTVPS dengan HOSTVPS kalian masing-masing)
  2. VPN Monitor adalah fitur untuk memantau user OpenVPN (cek login user) dengan rincian-rincian yang sangat berguna. Cara mengakses VPN Monitor bisa dilakukan menggunakan browser dengan masuk ke alamat http://HOSTVPS:81/vpnmon. (Ganti HOSTVPS dengan HOSTVPS kalian masing-masing)
  3. VnStat WebUI adalah fitur untuk memantau trafik data atau penggunaan transfer data berdasarkan data yang diperoleh dari interface publik. Cara mengakses VnStat WebUI bisa dilakukan menggunakan browser dengan masuk ke alamat http://HOSTVPS:81/vn. (Ganti HOSTVPS dengan HOSTVPS kalian masing-masing)
  4. Fail2Ban adalah fitur yang berfungsi untuk menghindari serangan bruteforce yang beresiko membuat VPS dimasuki orang tidak bertanggung jawab.
  5. Auto Disconnect Multi Login adalah fitur yang secara otomatis memutus koneksi pengguna OpenVPN, WireGuard, dan PPTP yang melakukan multi login lebih dari 1. Khusus untuk akun SSH limit login adalah 2 per akun.
  6. Auto Delete User Expired adalah fitur yang akan menghapus akses pengguna yang telah melewati batas tanggal sewa SSH, OpenVPN, WireGuard, PPTP, SSTP, L2TP, dan Shadowsocks secara otomatis.
  7. Auto Reboot adalah fitur yang akan secara otomatis merestart VPS setiap jam 12 malam WIB.
  8. Instant Backup/Restore adalah fitur yang dapat memindahkan data akun dari VPS lama ke VPS baru hanya dengan memasukkan IP VPS lama dan Backup ID yang tertera ketika melakukan Backup

Cara Menggunakan Script

  1. Remote VPS menggunakan SSH Client
    Putty untuk Windows
    JuiceSSH untuk Android
  2. Masuk ke VPS menggunakan akses root
  3. Update dan upgrade module pada VPS
  4. Setelah VPS berhasil reboot, jalankan perintah berikut
  5. Reboot VPS setelah melakukan instalasi
     
Proses reboot akan memerlukan waktu sekitar 2 hingga 5 menit sehingga VPS untuk sementara waktu tidak dapat diakses. Jika proses instalasi berjalan tanpa error maka tampilan terminal akan sama dengan tampilan thumbnail pada artikel ini.

Catatan :
Pada beberapa kasus setelah melakukan reboot, kemudian kita masuk ke terminal. VPS akan secara otomatis melakukan persiapan untuk menjalankan WireGuard. Membutuhkan waktu sekitar 5 menit dan lebih lama bila menggunakan sistem operasi CentOS.

BUG? Tinggalkan laporan mengenai bug dikolom komentar.


Keyword

Tidak ada komentar:
Write komentar
Hay, jika kamu terbantu dengan materi dan tutorial dari kami, yuk Follow kami - https://twitter.com/gegeembrie
Subcribe Newsletter